My Album

Rabu, 01 Desember 2010

CCO

Sesuai dengan namanya,Connection Classrooms Online (CCO) merupakan wadah untuk “menghubungkan kelas” disatu negara dengan kelas di negara lain,berupa website yang dapat diakses secara gratis oleh guru dan siswa yang digunakan sebagai pusat komunikasi dan pertukaran informasi di antara sekolah-sekolah yang berada di dalam jaringan Connection Clasrooms di dunia.Melalui website ini guru dan siswa di sekolah dapat :
1.Mengakses sekolah-sekolah dari negara lain yang berpotensi sabagai mitra sekolah (Sister School )
2.Mengunduh dan mengembangkan bahan kegiatan kelas berupa project dalam berbagai tema seperti Environment,Climate Change atau Sports and Health.
3.Bekerjasama dan bertukar pikiran dengan guru dan siswa dari negara lain dalam website yang diawasi keamanannya.
4.Memperkuat ketrampilan bekerja dalam kelompok,menggunakan teknologi berbasis komputer dan internet,komunikasi dalam Bahasa Inggris dan memperkaya wawasan mengenai neraga lain.

Kegiatan klub CCO antara lain :

1.Membentuk klub CCO yang terdiri dari 15 siswa kelas VIII RSBI

2.Menentukan 3 tema sesuai tema CCO :
a.Travel Guide
b.Eating Is Bilieving
c.Environmental Science

3.Best Practise (Pengalaman Nyata )
a.Pengalaman nyata berkunjung ke Dieng Plateau pada hari minggu tanggal 24 Oktober 2010 ,sesuai dengan tema Travel Guide
b.Pengalaman nyata berkunjung ke Home Industri makanan khas Wonosobo pada hari kamis tanggal 28 Oktober 2010 jam 14.00,sesuai dengan tema Eating is Bilieving.


CASE STUDY PROGRAM CONNECTING CLASSROOMS ONLINE
SMP NEGERI 1 WONOSOBO

1.School/Nama Sekolah: SMP NEGERI 1 WONOSOBO Jl Pemuda no 7 Wonosobo 56311

2.Title/Judul kegiatan :Wisata Cerdas

3.Theme/Tema : Lingkungan ( Environmental Science)

4.Priod of Implementation/Perode pelaksanaan:24 Oktober 2010

5.Description/Deskripsi kegiatan :Pada hari Minggu,24 Oktober 2010 ,15 Siswa dengan di dampingi guru pergi wisata cerdas ke dataran tinggi dieng,dengan tujuan lokasi telaga warna,candi dan kawah.

6.Objectives/Tujuan kegiatan :
a.Melatih rasa peduli terhadap lingkungan
b.Mempelajari unsur kimia
c..Mengetahui perubahan cuaca
d.Mengetahui letak dan posisi dataran tinggi dieng
e.Berlatih menjadi guide
f.Pengalaman nyata berbahasa inggris

7.Expekted Outcome/Hasil yang diharapkan:Dengan wisata cerdas peserta didik dapat :
a.Memiliki rasa peduli terhadap lingkungan
b.Mempelajari unsur kimia
c.Merasakan dan mengetahui perubahan cuaca
d.Mengetahui letak dan posisi dataran tinggi dieng
e.Berlatih menjadi guide
f.Berlatih berbahasa inggris

8.Information on Students Involved/Informasi tentang peserta didik yang terlibat 15 peserta didik kelas VIII

9.Teachers Involved/Guru pembimbing:
a.Dra Endang Hermawanti W
b.Mulyadi,S Pd

10.Result/Hasil:Dengan Wisata cerdas peserta didik dapat:
a.Memiliki rasa peduli terhadap lingkungan,yaitu menjaga kebersihan ,merawat keindahan,mencintai pariwisata lokal
b.Mempelajari unsur kimia yaituCO2,Sulfur
c.Merasakan dan mengetahui perubahan cuaca,yaitu suhu di dieng 10 s/d 20 C dan dimalam hari mencapai 10 C,pada bulan Juli-Agustus/musim kemarau suhu udara dieng dapat mencapai 0C dipagi hari,masyarakat menyebutnya "Bun Upas" sebuah embun beracun yang dapat merusak tanaman pertanian.
d.Mengetahui letak geografis dataran tinggi dieng yaitu 437' - 515' lintang selatan dan 10632' - 10652' bujur timur,letak astronomi 7,20 lintang selatan dan 109,92 Bujur timur,Ketinggian rata-rata 2095m diatas permukaan laut.
e.Berlatih menjadi guide dan berlatih berbahasa inggris dengan komunikasi langsung terhadap turis asing

11.Problems faced during project/Masalah yang dihadapi pada saat kegiatan : a.Jarak tempuh 26 Km dan medan yang sulit
b.Dilaksanakan pada waktu libur
c.Hujan


12.How did you solve the problems?Bagaimana masalah tersebut diatasi?
a.Ditempuh dengan kendaraan bis mikro lokal
b.Dilaksanakan pada hari minggu

13.Lessons Learned/apa yang dipelajari dari kegiatan ini?
Dengan wisata cerdas peserta didik dapat :
a.Melatih rasa peduli terhadap lingkungan
b.Mempelajari unsur kimia
c.Merasakan dan mengatahui perubahan cuaca dan letak dataran tinggi dieng
d.Berlatih menjadi guide
e.Berlatih berbahasa inggris

14.Documentation/Dokumentasi yang tersedia:Foto dan Video

2 komentar:

Hanif (Mulia Nifa) mengatakan...

Bu..hhheheheee...
salam kenal aja bu.
maaf sekedar mau curhat..hehehee
bu.... aq tu dri dulu pelajaran yang paling aq gk bisa tu matematika ma B. inggris....hehehee
dari SD mungkin bu...heheheee
goblok bgt ya bu!!
smpe sekarang udah kuliah pun masih gk bisa, b. inggris dari smster 2 ngulang mulu bu. huft

udah dch gtu ja bu.hehehe salam kenal ajh ya bu.heheheee

Ema mengatakan...

salam kenal ,
hanif.kamu ga bisa karena belum menyukai math & english,coba mulai sekarang berusaha menyukainya,pasti sukses,
sekalian juga kok belum comment ttg tulisanku dan follow blog ku